wisata, budaya dan teknologi

Menawan MENGENAL MUSEUM KARST WONOGIRI Penuh Keindahan

Menawan MENGENAL MUSEUM KARST WONOGIRI Penuh Keindahan - Hallo Pengunjung Informasi Update , Pada kesempatan kali ini kami memberikan informasi tentang Menawan MENGENAL MUSEUM KARST WONOGIRI Penuh Keindahan , yang mungkin dibutuhkan untuk menambah referensi lain yang banyak sekali bisa anda temukan di internet. mudah-mudahan isi postingan informasi update yang saya share ini menjadi salah satu yang berguna. baiklah, Langsung saja pada intinya.

Informasi : Menawan MENGENAL MUSEUM KARST WONOGIRI Penuh Keindahan
Tautan : Menawan MENGENAL MUSEUM KARST WONOGIRI Penuh Keindahan

Mengenal Museum Karst Wonogiri


"Tujuan Museum Karst dibangun adalah  agar para wisatawan yang berkunjung dapat belajar mengenai Batuan Karst dan sejarah gua"

Museum Karst Wonogiri

ReyGinaWisata - Indonesia memang memiliki kekayaan alam yang sangat menakjubkan dan layak untuk dijadikan sebagai ikon wisata dunia. Seperti halnya Raja Ampat di Papua atau Pulau Komodo di Flores, Wonogiri juga memiliki kekayaan alam yang sangat menakjubkan seperti adanya Museum Karst Indonesia. Tempat ini menyimpan berbagai kebudayaan Indonesia seperti bebatuan dan replika dari gua, Gambaran kehidupan manusia purba dan Pusat Penelitian Ahli Sejarah dan Geologi.

Wonogiri merupakan salah satu kabupaten yang berada di bagian tenggara wilayah Provinsi Jawa tengah, Indonesia. Wilayah seluas 1.822.037 kilometer persegi ini memiliki berpuluh-puluh gua karst yang terbentuk secara alami. Gua-gua ini terbentuk akibat proses evolusi bumi dan pukulan arus air secara terus menerus selama berabad-abad lamanya. Sehingga banyak gua di Wonogiri ini terdapat sungai bawah tanah seperti Gua Mrica, Gua Proto, Gua Tembus, Gua Sapen, Gua Sonya Ruri, Gua Sodong atau Gua Gilap.

Kawasan Perbukitan Pracimantoro

Oleh karena alam Wonogori banyak terdapat gua-gua karst yang sangat menakjubkan maka dibangunlah Museum Karst Wonogori di Desa Gebangharjo, Kecamatan Pracimantoro yang diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono kala itu pada tanggal 30 Juni 2009 ini merupakan Museum Karst terbesar dan terunik di Indonesia bahkan dunia.

Gua-gua di Wonogiri ini memiliki stalaktit dan stalagmit yang sangat indah dan menakjubkan sehingga tak salah bawah Pemerintah Kabupaten Wonogiri membangun Museum Karst Indonesia untuk dunia. 

Museum Karst Wonogiri

Menurut pemerintah setempat, Museum ini memang sengaja dibangun di kawasan pebukitan Gamping. Hal ini bertujuan agar para wisatawan yang berkunjung dapat belajar mengenai Batuan Karst dan sejarah gua. Selain sebagai tempat wisata, berkunjung ke Museum Karst Wonogiri ini Anda akan mendapatkan nilai pendidikan dan turut menjaga keberadaan situs-situs di sekitar Museum Karst Wonogiri.

Selain adanya Museum Karst Indonesia, Wonogiri juga menawarkan tempat wisata lainnya yang layak Anda kunjungi. Baik itu Wisata Spiritual, Wisata Alam, Wisata Budaya dan Sejarah atau tempat wisata lainnya seperti objek wisata Waduk Gajah Mungkur, Wisata Gantole atau sebuah situs bersejarah Kahyangan, Tempat bersemedi Danang Suto Wijoyo atau yang lebih dikenal dengan sebutan Panembahan Senopati, Raja pertama Kerajaan Mataram Islam.  

Museum Karst Wonogiri


Museum yang terletak di kawasan Wisata Gua Pracimantoro ini memberlakukan tiket masuk sebesar Rp. 3.000,- untuk hari biasa dan Rp. 4.000,- pada hari libur. Bagi Anda yang membawa kendaraan sendiri dikenakan biaya untuk roda empat sebesar dari Rp. 3.000,- hingga Rp. 10.000,- sedangkan untuk kendaraan roda dua dikenakan biaya Rp. 1.500,-.

Bagi Anda yang tertarik dan ingin berlibur ke kota Wonogiri, Museum Karst Wonogiri   ini salah satu tempat wisata eduktif yang memiliki nilai budaya yang tinggi serta beberapa objek wisata lainnya di Wonogiri yang layak Anda kunjungi.



Demikianlah Artikel Menawan MENGENAL MUSEUM KARST WONOGIRI Penuh Keindahan

Untuk informasi lain tentang Menawan MENGENAL MUSEUM KARST WONOGIRI Penuh Keindahan , mudah-mudahan bisa update lagi dan memberi manfaat untuk kita semua. Untuk kabar lain-nya Yang terkait tentang Culture atau budaya, Traveling dan wisata ataupun Tutorial Gadget lihat di postingan selanjutnya.

Anda sedang membaca artikel Menawan MENGENAL MUSEUM KARST WONOGIRI Penuh Keindahan dan artikel ini url permalinknya adalah https://baraonline.blogspot.com/2016/05/menawan-mengenal-museum-karst-wonogiri_22.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.
0 Komentar untuk " Menawan MENGENAL MUSEUM KARST WONOGIRI Penuh Keindahan "
Back To Top