wisata, budaya dan teknologi

Wisata Budaya PESONA SALJU PANAS DOLOK TINGGI RAJA DI SUMATERA UTARA Penuh Keindahan

Wisata Budaya PESONA SALJU PANAS DOLOK TINGGI RAJA DI SUMATERA UTARA Penuh Keindahan - Hallo Pengunjung Informasi Update , Pada kesempatan kali ini kami memberikan informasi tentang Wisata Budaya PESONA SALJU PANAS DOLOK TINGGI RAJA DI SUMATERA UTARA Penuh Keindahan , yang mungkin dibutuhkan untuk menambah referensi lain yang banyak sekali bisa anda temukan di internet. mudah-mudahan isi postingan informasi update yang saya share ini menjadi salah satu yang berguna. baiklah, Langsung saja pada intinya.

Informasi : Wisata Budaya PESONA SALJU PANAS DOLOK TINGGI RAJA DI SUMATERA UTARA Penuh Keindahan
Tautan : Wisata Budaya PESONA SALJU PANAS DOLOK TINGGI RAJA DI SUMATERA UTARA Penuh Keindahan

Pesona Salju Panas Dolok Tinggi Raja Di Sumatera Utara  


Salju Panas Dolok Tinggi Raja

ReyGinaWisata - Tempat Wisata Salju Panas Dolok Tinggi Raja adalah sebuat objek wisata alam yang berada di Desa Dolok Merawan, Kecamatan Tapian Dolok, Kabupaten Simalumgun, Provinsi Sumatera Utara, Indonesia. Kawasan ini telah dilindungi sejak tahun 1924 melalui keputusan bersama raja-raja Simalungun

Tempat Wisata Salju Dolok Tinggi Raja adalah sebuah tempat wisata yang eksotik dikawasan cagar alam seluas 176 hektar sementara luas kawah Salju Dolok Tinggi Raja mencapai 4 hektar yang berada kawasan hutan hujan tropis dataran rendah yang subur dan hijau dengan komposisi pohon yang beraneka ragam. 

Salju Panas Dolok Tinggi Raja

Potensi flora yang tumbuh di kawasan ini di dominasi oleh Meranti (Shorea Parfiola), Kenari (Cannarium sp), Malu Tua (Tristia sp), Anggrek (Bulbophylum sp) Kantung Semar (Nephentes sp) serta Pandan (Pandanus sp) di tengah-tengah kawasan hutan dengan pohon-pohon tinggi dan lebat. Walaupun menuju kawasan wisata ini cukup sulit namun Anda akan di buat takjub jika memandang Pesona Keindahan Salju Panas Diolok Tinggi Raja dimana bukit kapur dan aliran air panas menyatu membuat hamparan yang menyerupai salju. Sangat indah dan menakjubkan.

Di tempat ini Anda dapat melakukan aktivitas mandi di kolam dibagian bawah kawah atau menikmati pemandangan alam sambil mengabadikan moment-moment yang indah dengan kamera Anda.

Keunikan dan pesona dari kawasan ini adalah potensi sumber air panas yang berasal dari endapan-endapan kapur yang terbentuk dari proses panas bumi yang mengandung belerang sehingga membentuk teras-teras tanah kapur yang mencapai luas sekitar 35 hektar. Aliran air panas yang menyatu dengan air sungai bisa Anda manfaatkan untuk mandi karena airnya terasa hangat-hangat kuku.

Sumber air panas yang suhunya bisa mencapai 90 derajad ini berasal dari celah-celah bukit kecil yang ada di sekeliling kawasan tersebut. Air panas yang mengalir diantara bebatuan kapur membuat bebatuan tersebut berwarna putih bersih seperti salju. 

Salju Panas Dolok Tinggi Raja

Bukit-bukit kapur yang dilalui air panas menjadikan kawasan ini menjadi begitu unik dan menarik untuk di pandang dan di abadikan. Selain itu aliran air panas yang melewati bebatuan yang diselimuti lumut hijau dapat menciptakan sebuah karpet berwarna hijau keputihan yang sangat menggagumkan untuk dipandang.

Sementara itu pada bagian atas kawah terdapat sebuah kolam alam yang tidak terlalu lebar yang berisi gelembung air panas dari dasar kolam. Tetapi karena panasnya air serta rapuhnya kolam menjadikan tempat ini dilarang untuk Anda mandi atau berenang. Aliran air panas ini akan mengalir ke semak-semak yang mengering dan akan bermuara ke sebuah danau berwarna biru kehijauan.

Pada bagian bawah tebing, Anda dapat menikmati air kolam yang berhawa sejuk dengan air terjun kecil yang dapat Anda gunakan menyegarkan diri setelah lelah berjalan-jalan. Air dalam kolam yang mengandung belerang ini dipercaya dapat menyenbuhkan berbagai penyakit kulit seperti panu, kadas, kudis atau eksim.

Pesona Alam Salju Panas Dolok Tinggi Raja yang cukup unik akibat adanya panas bumi yang masih aktif dapat berpindah-pindah. Bukit-bukit hasil endapan kapur yang terlihat sudah tidak aktif lagi sewaktu-waktu dapat aktif kembali. Hal ini menunjukkan kondisi panas bumi dan bukit-bukit kapur tersebut tidak stabil 

Salju Panas Dolok Tinggi Raja

Ketidakstabilan inilah yang menjadikan perlindungan kawasan menjadi sangat penting untuk tetap di jaga kelestariannya demi kestabilan ekosistem hutan dan kawasan sekitarnya.    

Akses menuju Salju Panas Dolok Tinggi Raja

Jalur pertama yang bisa Anda tempuh unuk menuju Salju Panas Dolok Tinggi Raja adalah melalu Medan - Lubuk Pakam - Galang - Dolok Raja Tinggi, Jalur yang kedua adalah melalui Masihul - Nagori - Dolok Tinggi Raja serta jalur ketiga melalui Medan - Lubuk Pakam - Galang - Bangun Purba - Dolok Tinggi Raja.



Demikianlah Artikel Wisata Budaya PESONA SALJU PANAS DOLOK TINGGI RAJA DI SUMATERA UTARA Penuh Keindahan

Untuk informasi lain tentang Wisata Budaya PESONA SALJU PANAS DOLOK TINGGI RAJA DI SUMATERA UTARA Penuh Keindahan , mudah-mudahan bisa update lagi dan memberi manfaat untuk kita semua. Untuk kabar lain-nya Yang terkait tentang Culture atau budaya, Traveling dan wisata ataupun Tutorial Gadget lihat di postingan selanjutnya.

Anda sedang membaca artikel Wisata Budaya PESONA SALJU PANAS DOLOK TINGGI RAJA DI SUMATERA UTARA Penuh Keindahan dan artikel ini url permalinknya adalah https://baraonline.blogspot.com/2016/07/wisata-budaya-pesona-salju-panas-dolok.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.
Tag : Wisata Alam
0 Komentar untuk " Wisata Budaya PESONA SALJU PANAS DOLOK TINGGI RAJA DI SUMATERA UTARA Penuh Keindahan "
Back To Top